Kampung Wisata Budaya Dusun Batu Kumbung

  • Mar 19, 2024

Dusun Batu Kumbung merupakan salah satu dusun tertua di Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar. Awal mula berdirinya dusun batu kumbung ialah datangnya Ulama dari Yaman yang pada saat itu akan mendirikan sebuah permukiman, namun saat beliau memulai untuk menggali yang di temukan di sekitar lahan tersebut hanya batu apung (kumbung) sehingga nama dari dusun ini yaitu dusun Batu Kumbung yang diambil dari bahasa tradisional sasak.

Dusun Batu Kumbung merupakan dusun yang memiliki Bukti Sejarah dengan adanya benda yang memiliki kearifan budaya lokal yang masih terpelihara dan terlaksana setiap tahunnya. Sehinnga dusun ini kami branding menjadi Kampung Wisata Budaya yaitu objek wisata desa yang mengusung konsep wisata budaya, adat istiadat dan museum benda bersejarah. Dimana semua wilayah dusun itu merupakan museum budaya desa.  Disini, kami menawarkan pengalaman kepada para wistawan berupa spiritual dan budaya sasak yang masih terpelihara, tidak hanya itu para wisatawan juga bisa melihat dan mempelajari benda-benda peninggalan Sejarah dan cerita-ceritanya yang dipaparkan oleh para pemandu wisata.

Terdapat juga event kegiatan tradisi budaya yaitu Roah Adat merupakan bentuk rasa syukur terhadap panen yang berlimpah, yang dilaksanakan setiap tahun pada saat  masa panen berakhir yang diadakan setiap akhir tahun pada akhir bulan November setiap tahunnya sehingga wisatawan dapat berkunjung menyaksikan event tersebut sesuai kalender.