ADAKAN PELATIHAN APARATUR DESA, KEMENDAGRI LIBATKAN KEPALA DESA SE-NUSA TENGGARA BARAT

  • Oct 13, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa angkatan ke-IV yang berlangsung di ruang Gili Air, Lombok Raya Hotel yang dihadiri oleh 32 peserta dari unsur Kepala Desa, Sekretaris Desa, ketua PKK, pengurus LPM, Ketua BPD serta pengurus Karang Taruna. (Kamis,12/10/23).

Pelaksanaan pelatihan ini terdiri dari pelatihan aparatur desa penetapan dan penengasan batas desa (PPBDes), pelatihan penguatan badan permusyawaratan desa (BPD), pelatihan penguatan kerjasama desa dan pelatihan penguatan lembaga kemasyarakatan desa (LKD). Desa Batu Kumbung juga turut menjadi bagian dari pelatihan ini yang dihadiri langsung oleh H.Wirya Adi Saputra selaku kepala desa dan beberapa perwakilan staf desa. Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 9-12 Oktober 2023.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut terdapat dua pelatih yang memberikan materi yakni Rudi Purtomo dan Lalu Winarna yang merupakan utusan dari Kementerian Dalam Negeri. Dalam wawancara yang dilakukan mahasiswi PKL UIN Mataram bersama Lalu Winarna yang menjelaskan terkait tujuan serta output dari kegiatan ini yaitu  untuk meng-upgrade pengetahuan dan kemampuan aparatur desa agar terwujudnya kesejahteraan khususnya bidang ekonomi di semua desa. “Kegiatan ini juga mem-brainstorming terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah terbaru dari pusat ke desa, karena kita sadari pemerintah memang sedang menspesialisasikan kepada pemerintah-pemerintah desa.” Jelasnya.

Dalam kegiatan pelatihan ini kepala desa Batu Kumbung dan staf yang mengikuti pelatihan ini terlihat sangat antusias saat menyimak pemaparan materi dari pelatih. Rudi Purtomo selaku pelatih dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa aparatur desa perlu diberikan pelatihan untuk memaksimalkan anggaran yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat khususnya dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar menjadi desa yang berdaya. Tuturnya saat diwawancarai oleh mahasiswi PKL UIN MATARAM.

 

Batu Kumbung,Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati