Musyawarah Desa Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2024 di Aula Kantor Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar

  • Jan 09, 2024
  • admin desa batu kumbung

Kamis, 4 Januari 2024, mengawali kegitan di awal tahun ini  bertempat di Aula Kantor  Desa Batu Kumbung dilaksanakan Musyawarah BPD terkait penetapan APBDes Tahun Anggaran 2024. Acara dihadiri oleh Kepala Desa Batu Kumbung, Ketua TP. PKK Desa Batu Kumbung, Ketua BPD serta anggota BPD Desa Batu Kumbung, KASI EKBANG Kec. Lingsar, Bhabinkamtibmas, BABINSA, serta Pelaksana Kewilayahan Se Desa Batu Kumbung. 

Acara dibuka dengan Sambutan dari Ketua BPD Desa Batu Kumbung, disampaikan oleh Bapak H. Mariadi Idris bahwanya penetapan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari pembahasan rancangan APBDes Tahun Anggaran 2024. Diharapkan agar APBDes mendekati sempurna yang menjadi acuan kegiatan di Tahun Anggaran 2024. Ada beberapa hal yang belum dirasa tepat di saat pembahasan kemarin, maka pada hari ini kembali di bahas dan di tetapkan.

Dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Desa Batu Kumbung, disampaikan oleh Bapak H. Wirya Adi Saputra bahwanya Betul betul di menit akhir perjalanan di tahun 2023 untuk melaksanakan penetapan rancangan APBDes Tahun Anggaran 2024. Tidak lagi mengutak atik APBDes yang sudah ada karena adanya penambahan dana (Tunjangan Kinerja). Sesuai dengan pembahasan yang sudah dilaksanakan, mengacu pada pagu indikatif, dan adanya beberapa tambahan dana yang masuk pada hari ini untuk menyesuaikan kegiatan. di sampikan juga oleh KASI EKBANG Kec. Lingsar bahwa Dana Desa mengacu pada pagu indikatif tahun lalu, tadi pagi baru disampaikan tentang nilai real yg kita terima di posisi RP. 1.499.956.000. Dgn masuk nya tambahan dana masuk ke Dana Desa skala prioritas. Namun aturan penggunaan DD masih mengacu pada Peraturan Menteri Desa yaitu 48% DD harus mengikuti aturan pemerintah pusat.Selain penetapan APBDes, adapun juga pembahasan  Rencana Program UHC yang digadang oleh PEMKAB LOBAR sebagai kegiatan jaminan kesehatan tetap dimasukkan sambil menunggu aturan dari Pemerintah Pusat dan Pemda.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, serta pendatanganan Berita Acara oleh Kepala Desa Batu Kumbung dan Ketua BPD Desa Batu Kumbung serta dilakukan sesi foto bersama.

-----------------------PEMDES BATU KUMBUNG/2024/Rahman----------------------------------