BERSTATUS DESA MANDIRI! BATU KUMBUNG ADAKAN EVALUASI PENERIMA BANTUAN BPNT-PKH-PBI

  • Sep 27, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—kegiatan musyawarah desa (MusDes) terkait evaluasi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan dan Program Bantuan iuran BPJS Kesehatan berlangsung di aula kantor desa Batu Kumbung pada Selasa, 26 September 2023 pukul 10.00-11.00 WITA.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Batu Kumbung H.Wirya Adi, kepala dusun sedesa Batu Kumbung, staf desa, fasilitator PKH dan Kepala Bidang Fakir Miskin (KABID FM). kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi warga yang menerima bantuan-bantuan yang di programkan oleh pemerintah.  Kegiatan ini menghadirkan secara langsung KABID FM, Zainul  sebagai pemateri untuk mengecek kembali kriteria-kriteria yang layak dan tidak layak mendapatkan program bantuan tersebut.

Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMENSOS) berikut kriteria yang tidak layak untuk mendapatkan bantuan BPNT, PKH dan PBI : sudah mampu, berprofesi sebagai PNS/TNI/POLRI, keluarga PNS/TNI/POLRI, pensiunan PNS/TNI/POLRI, pendamping sosial, memiliki penghasilan bersumber dari  APBN/APBD, perangkat desa dan tenaga kerja dengan penghasilan UMP/UMK.

Kegiatan ini tetap dilakukan setiap tahunnya agar penerima bantuan BPNT,PKH dan PBI tersalurkan kepada warga desa Batu Kumbung secara maksimal. Jumlah keseluruhan penerima BPNT,PKH dan PBI yakni 1000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kegiatan ini memfokuskan pada KPM yang menerima PKH dengan data penerima sejak tahun 2011 dan masih aktif hingga saat ini. Evaluasi ini diperlukan untuk menyesuaikan kembali dengan status desa Batu Kumbung yang sudah menjadi desa mandiri sehingga penerima bantuan akan menyesuaikan dengan tingkat kesejahteraan warganya. H.Wirya Adi berharap output dari evaluasi ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di desa Batu Kumbung. Kemudian KABID FM juga berharap kegiatan ini tetap terlaksana setiap 6 bulan sekali.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati