BUMDES BATU KUMBUNG MANFAATKAN LAPANGAN SEBAGAI LAHAN PARKIR DAN FASILITASI LAPAK BAGI PENGGIAT UMKM

  • Sep 29, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Lapangan yang terletak di depan sekolah SMKN 1 Lingsar dimanfaatkan BUMDES sebagai lahan parkir bagi siswa/siswi SMKN 1 Lingsar yang membawa kendaraan roda dua dan tidak hanya itu BUMDES juga menyediakan lapak bagi para pelaku UMKM. (29/09/2023)

Lapangan yang dimanfaatkan sebagai lahan parkir merupakan lahan milik desa yang menjalin kerjasama dengan BUMDES dan pemanfaatan lahan sudah berlangsung selama satu tahun. Hal tersebut dituturkan langsung oleh pengelola lahan parkir tersebut. Pemanfaatan lahan tersebut juga didukung oleh pihak sekolah SMKN 1 Lingsar dikarenakan lahan sekolah sudah hampir dipenuhi oleh bangunan sehingga lahan parkir bagi siswa/siswi menjadi sangat minim.

Tarif parkir bagi siswa/siswi dengan kendaraan roda dua yakni sejumlah 1000.00 rupiah dan pendapatan tersebut kemudian dibagi dengan pihak BUMDES dan menjadi pemasukan untuk desa Batu Kumbung sendiri. Tidak hanya lahan parkir saja namun di pinggir lapangan juga dimanfaatkan untuk lapak bagi para penggiat UMKM yang dinaungi oleh BUMDES dan koperasi kabupaten. Setiap pedagang dalam satu lapak dikenakan tarif mulai dari 2.500-5000.00 rupiah per hari. Tentunya hal ini juga didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG). Di lapak tersebut menjual berbagai jenis makanan dan minuman mulai dari nasi, bakso hingga makanan ringan yang mayoritas pembelinya siswa/siswi SMKN 1 Lingsar baik itu saat waktu sarapan maupun waktu makan siang.

Pemanfaatan lapangan sebagai lahan parkir dan penyediaan lapak bagi para pelaku UMKM ini merupakan bentuk keperdulian dan tanggung jawab pemerintah desa Batu Kumbung dalam mengelola dan memaksimalkan lahan sekaligus mendukung pelaku UMKM untuk mengembangkan produk-roduk mereka.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati