DESA BATU KUMBUNG IKUTI PAWAI DALAM RANGKA MEMERIAHKAN MTQ KE-30 TINGKAT KECAMATAN LINGSAR TAHUN 2023

  • Sep 18, 2023
  • admin desa batu kumbung

Lingsar—Gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) se-kecamatan Lingsar disambut dengan meriah yakni dengan menggelar pawai yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ/TPA)  dengan tema “MTQ ke-XXX Tingkat Kecamatan  Lingsar Kita Bangun Generasi Kecamatan Lingsar yang Qur’ani dan Berakhlakul Karimah” pada Jum’at, 15 September 2023 pukul 14.00-selesai.

Pawai ini bertitik kumpul di lapangan Sigerongan dan titik finish pada PONPES Nurul Hikmah di desa Langko. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara inti yakni Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang berlangsung pada Jum’at malam. Setiap desa mengirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi sebagai peserta lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an termasuk desa Batu Kumbung yakni mengirimkan perwakilannya sebanyak 12 orang. Pawai tersebut berjalan tertib sesuai himbauan yang telah diberikan. Kegiatan ini banyak menarik antusias warga untuk menonton maupun berpartisipasi dan memeriahkan acara tersebut.

Pembukaan acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dibuka langsung oleh bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid,S.Ag,M.Si dan camat Lingsar yakni Marzuki,S.A.P. Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ini memiliki 3 kategori yakni tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun ini yang menjadi tuan rumah yakni desa Langko.

Hal menarik dari pawai ini adalah meskipun acara ini berlatar belakang acara keagamaan umat Muslim namun pawai ini turut dimeriahkan oleh masyarakat non muslim. Tentu saja hal tersebut merupakan bentuk toleransi antar umat beragama di kecamatan Lingsar. Melalui kegiatan ini masyarakat berharap semakin tumbuhnya generasi Qur’ani yang nantinya akan mencerminkan dan membangun masyarakat yang religius.

Lingsar,Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati