“GASAP EMPAK” MERIAHKAN PERINGATAN MAULID NABI DI DUSUN ORONG DALEM DESA BATU KUMBUNG

  • Oct 09, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Dalam rangka memeriahkan maulid nabi Muhammad SAW warga dusun Orong Dalem desa Batu Kumbung adakan Gasap Empak (tangkap ikan) pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Gasap empak merupakan kegiatan tahunan yang diadakan setiap memeriahkan maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan di dusun orong Dalem. Kegiatan Gasap Empak atau tangkap ikan ini dilakukan di saluran air yang sudah ditebar 150kg ikan lele dan mujair. Kegiatan ini diikuti oleh semua elemen masyarakat di dusun Orong Dalem, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Gasap Empak ini dilakukan dengan tangan kosong yang kemudian ikan hasil tangkapan tersebut dimasukkan ke dalam karung. Ikan-ikan yang disebarkan merupakan swadaya dari warga dusun yang menjadi donatur karena salah satu potensi yang ada di dusun Orong Dalem merupakan budidaya Ikan.

Kegiatan ini diadakan oleh remaja-remaji dusun Orong Dalem yang merupakan panita penyelenggara gasap empak tersebut. Kegiatan gasap empak ini sudah kali ke-5 diadakan dalam 5 tahun berturut-turut. Gasap empak ini terus diadakan karena melihat antusias warga  dalam berpartisipasi pada saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung.

“Kegiatan Gasap empak ini bukan semata-mata hanya untuk sekedar memeriahkan maulid namun kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan warga dusun Orong Dalem”. Ungkap Rahman selaku kepala Dusun Orong Dalem.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati