GEMPUR ROKOK ILEGAL SEKALIGUS PROMOSIKAN WISATA, BEACUKAI BERSAMA DISKOMINFOTIK LOMBOK BARAT GELAR TALKSHOW DI DESA SARIBAYE

  • Sep 25, 2023
  • admin desa batu kumbung

Saribaye—Beacukai bersama Diskominfotik Lombok Barat gelar talkshow gempur rokok sekaligus promosikan wisata di desa Saribaye kecamatan Lingsar yang disiarkan langsung melalui GM TV dan dihadiri oleh peserta PKL UIN MATARAM, kepala desa Saribaye dan karang taruna.  (22/09/2023).

Acara talkshow gempur rokok ilegal ini di moderatori oleh oleh bapak Dewa dengan narasumber dari kadis Diskominfotik Lombok Barat yakni Ahad Legiarto dan Adi Cahyanto dari pihak Beacukai. Acara ini dimulai pada pukul 16.00-17.00 WITA bertempat di Satnite Saribaye yakni salah satu tempat wisata yang mengusung konsep alam dan menyuguhkan pemandangan persawahan yang asri. Dalam talkshow yang berdurasi satu jam tersebut Adi Cahyanto menyampaikan ciri-ciri rokok ilegal yakni dengan memberikan langsung contoh rokok ilegal dengan alat UV detector yakni alat untuk mendeteksi keaslian pita cukai pada rokok. “Talkshow gempur rokok ilegal ini merupakan langkah preventif kepada masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal dikarenakan selain merugikan negara tindakan tersebut juga dapat beresiko pada kesehatan karena kadar nikotin yang tidak teruji secara klinis.” Ungkapnya pada siaran langsung tersebut.

Dalam talkshow tersebut Ahad Legiarto menjelaskan bahwa hasil pembelian rokok legal akan dikembalikan kepada masyarakat melalui pembangunan-pengangunan infrastruktur daerah seperti halnya infrastruktur kesehatan yang membutuhkan anggaran yang sangat besar. Sementara di lain sisi kerugian yang diakitbatkan tingginya pembelian rokok ilegal. Sehingga kegiatan penyuluhan gempur rokok ilegal ini semakin gencar dilakukan. “Melalui kegiatan ini kami mengundang adik-adik mahasiswa secara langsung agar nantinya dapat mensosialisasikan kepada masyarakat luas terhadap kesadaran pembelian rokok ilegal.” Ungkapnya pada pemirsa GM TV.

Talkshow ini sekaligus ajang mempromosikan wisata desa Saribaye sebagai pusat pertanian terintegrasi yang nantinya akan menjadi wadah pertanian milenial. Setelah sesi talkshow berakhir dilanjutkan dengan wawancara GM TV kepada kepala desa Saribaye terkait perkembangan wisata desa Saribaye.

Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati