KEPALA DESA BATU KUMBUNG SIAP TINGKATKAN PERFORMA APARATUR DESA SEBAGAI TINDAK LANJUT DARI PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DESA DARI KEMENDAGRI

  • Oct 13, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Kepala desa Batu Kumbung hadiri pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa yag diadakan oleh kementerian dalam negeri (KEMENDAGRI) yang bertempat di ruang Gili Air, Lombok Raya Hotel pada 9-12 Oktober 2023.

Kegiatan ini merupakan pelatihan Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) angkatan IV.  Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi beberapa kelas di ruangan yang berbeda dan kepala desa Batu Kumbung,H.Wirya Adi terpilih menjadi ketua kelas pada pelatihan tersebut. KEMENDAGRI mengutus dua pelatih sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut yakni Rudi Purtomo dan Lalu Winarna.

Dalam penutupan acara pelatihan tersebut H.Wirya Adi selaku kepala desa Batu Kumbung sekaligus ketua kelas mengucapkan terimakasih kepada KEMENDAGRI yang sudah mengadakan pelatihan ini sebagai wadah menambah ilmu dan pengetahuan, H.Wirya Adi juga berharap komunikasi dan silaturahmi tidak terputus dan tetap berjalan sekaligus sebagai media berbagi ilmu. Dalam wawancara bersama mahasiswi PKL UIN MATARAM H.Wirya Adi menjelaskan “sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini kami akan mengumpulkan semua perangkat desa baik itu dari sekdes, kaur, kasi, dan kepala kewilayahan terkait dengan mengingatkan mereka dengan tupoksi perangkat desa itu sendiri, begitu juga yang sangat perlu terkait dengan pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) karena tujuan dari pemerintah sekarang ini skala prioritasnya untuk pengembangan ekonomi yang bisa berkembang melalui desa dengan unit BUMDesnya.” Jelasnya dalam wawancara tersebut.

Pelatihan ini tentu saja diharapkan dapat memberikan perubahan yang efektif terutama untuk pembinaan Badan Usaha Milik Desa. Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada peserta pelatihan dan sesi foto bersama antara pemateri dengan peserta pelatihan.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati