KOLAM MANGGONG JADI SALAH SATU POTENSI DESA BATU KUMBUNG, HADIRKAN KOLAM RENANG DENGAN NUANSA ALAM

  • Sep 19, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Kolam Manggong merupakan salah satu wisata dengan mengusung konsep kolam renang bernuansa alam yang terletak di dusun Manggong Desa Batu Kumbung kecamatan Lingsar. Kolam Manggong sendiri terdiri dari empat jenis kolam yang berbeda-beda. (19/09/2023)

Kolam Manggong dibuka sejak tahun 2018, kolam ini merupakan unit BUMDES sekaligus wisata yang menjadi anggaran terbesar PADes. Kolam Manggong juga aktif dikelola oleh POKDARWIS dari dusun Manggong mulai dari akses masuk hingga pengawasan terhadap pengunjung. Bapak Adi selaku ketua POKDARWIS sekaligus kepala pengelola kolam Manggong menuturkan bahwa pemerintah desa sangat men-support potensi-potensi yang ada di desa khususnya kolam Manggong mulai dari pendanaan hingga kelengkapan fasilitas.

Kolam ini merupakan destinasi wajib berlibur dengan orang-orang terdekat karena harga tiket yang cukup terjangkau yakni hanya tiga ribu rupiah saja pengunjung bisa menikmati semua fasilitas yang ada di wisata kolam Manggong. Terdapat empat jenis kolam yaitu terdiri daridua kolam anak-anak, satu kolam dewasa dan satu kolam ikan. Tidak hanya sekedar berenang pengunjung juga bisa sekaligus menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Kolam renang Manggong sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet, berugaq, tempat duduk, tempat ibadah dan tempat parkir dengan tarif untuk sepeda motor sebanyak dua ribu rupiah lalu untuk kendaraan roda empat sebanyak lima ribu rupiah.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makanan dari rumah, karena wisata kolam  Manggong sendiri menyediakan warung-warung yang menjual berbagai makanan mulai dari makanan ringan hingga kuliner khas Lombok seperti sate bulayak. Dari segi keamanan pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah terdapat posko keamanan sekaligus pengawasan yang tetap standby memantau pengunjung saat sedang berenang. Tidak hanya menawarkan wisata kolam renang, namun Kolam Manggong juga menghadirkan kolam budidaya ikan air tawar yang dikelilingi oleh berugaq dimana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati wisata kolam Manggong.

Hingga saat ini kolam Manggong terus dalam tahap perkembangan dan pembangunan baik dari segi infrastruktur maupun kelengkapan fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

Lingsar,Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati