MAHASISWA SEBAGAI PELOPOR DIGITALISASI DAN INFORMASI DESA, FDIK UIN MATARAM DAN DISKOMINFOTIK LOMBOK BARAT LAKUKAN PENADATANGANAN MOU PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Sep 22, 2023
  • admin desa batu kumbung

Gerung— Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Universitas Islam Negeri Mataram menghadiri langsung acara penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN MATARAM bersama Diskominfotik Lombok Barat yang ditandantangani langsung oleh dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN MATARAM. (21/09/2023)

Kegiatan ini bertempat di kantor Bupati Lombok Barat, ruang Jayangrane yang dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, Pihak Diskominfotik Lombok Barat, Rektor UIN MATARAM, Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, civitas akademika FDIK UIN MATARAM, camat Lingsar, camat Lembar dan perwakilan staf desa dari dua kecamatan tersebut. Acara ini berlangsung mulai pukul 11.00 WITA sampai selesai. Acara ini dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh bapak Ahad Legiarto selaku Kadis Diskominfotik Lombok Barat. Dalam sambutannya Kadis Diskominfotik menyampaikan. “Kami bersama UIN MATARAM memiliki target untuk mempercepat transformasi digital di desa dan keterbukaan informasi publik untuk mahasiswa PKL yakni pelopor  digitalisasi dan informasi desa ini kami targetkan agar mahasiswa dapat memberikan pendampingan kepada perangkat desa dan operator desa sehingga perangkat desa dan operator desa dapat mengisi konten berita secra terus menerus sehingga berbagai konten infrmasi dapat di produksi dan ditampilkan di website.” Tuturnya dalam sambutan yang disampaikan.

Rektor UIN MATARAM, Prof.Dr.H Masnun Tahir turut menyampaikan bahwa desa harus bisa mengikuti transformasi digital. Kutipan menarik dari penyampaian Rektor UIN MATARAM yakni “Hidup ini digital, atau ditinggal.” Imbuhnya dalam sambutan yang diberikan.  Rektor UIN MATARAM juga menyampaikan bahwasanya kita tidak bisa melawan  modernisasi digital yang terus mengalami perkembangan hampir setiap saat. Kerja sama ini merupakan langkah awal untuk memperepat digitalisasi di ranah desa.

Kegiatan PKL UIN MATARAM ini juga disambut baik oleh bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menyampaikan jika setiap desa di Lombok Barat tidak ada yang tidak memiliki website. Namun yang menjadi kendala yakni informasi yang seharusnya dapat di sampaikan melalui website tidak berjalan dengan maksimal karena kurangnya pemahaman terkait fungsi dan manfaat website desa yang seharusnya menjadi portal informasi pertama. Sehingga  kehadiran mahasiswa PKL UIN MATARAM mampu menjadi contoh bagi masyarakat khususnya aparatur desa dalam pemanfaatan website sebagai media informasi.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan dari dekan FDIK dan Diskominfotik Lombok Barat yang dilanjutkan denganpenyerahan id card secara simbolis kepada perwakilan peserta PKL UIN MATARAM. FDIK UIN MATARAM juga menyerahkan kenang-kenangan berupa plakat yang diserahkan langsung oleh Rektor UIN MATARAM kepada Bupati Lombok Barat.

 

Lingsar, Batu Kumbung/FDIK/UIN MATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati