MEMBANGGAKAN! PEPADU SEKAR BETAJI DUSUN TRAGTAG MENANGKAN AJANG PERESEAN SEPULAU LOMBOK

  • Oct 03, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Pepadu Sekar Betaji dari dusun Tragtag desa Batu Kumbung berhasil membawa kemenangan pada ajang peresean sepulau Lombok yang diadakan di Praya dan Janapria pada Sabtu dan Minggu, 30 September sampai 1 Oktober 2023. Pada pukul 17.00-18.00 WITA

Dusun Tragtag desa Batu Kumbung mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti ajang peresean sepulau Lombok dan berhasil membawa kemenangan dalam dua kali pertandingan pada hari Sabtu yang berlokasi di Desa Bakan kecamatan Janapria dan Desa Mujur di kecamatan Praya Timur. Pada hari Sabtu sanggar peresean Sekar Betaji mengirimkan 5 perwakilan dan pada hari Minggu mengirimkan 4 perwakilan. Adapun para pepadu yang ikut dalam ajang peresean ini yaitu Mursidin dengan julukan Raden Lingsar,Shirhu Ali Husnaidi dengan julukan Putra Satria, Ahmad Apipudin dengan julukan Pangeran Sekar Betaji, Hamdan dengan julukan Betet Lingsar dan Murhakim dengan julukan Demung Wira.

“Ajang peresean ini rutin diselenggarakan setiap tahun saat musim kemarau sebagai salah satu tradisi memanggil hujan dan Alhamdulillah perwakilan kami bisa memenangkan kedua ajang peresean kali ini.” Tutur Faesal selaku kepala dusun Tragtag sekaligus pengelola sanggar peresean Sekar Betaji. Dibalik kemenangan ini ada serangkaian persiapan yang dilakukan baik dari pepadu yaitu menjaga stamina agar tetap fit saat bertanding, hingga alat-alat yang digunakan pun harus maksimal seperti penjalin yakni rotan yang dirangkai atau di lilit dengan benang dan serta sapuq yaitu kain yang diikat dikepala dan kereng atau kain yang dililitkan di pinggang.

Ajang peresean ini tidak hanya sekedar perlombaan untuk memenangkan hadiah, namun sebagai salah satu cara untuk tetap melestarikan tradisi dan budaya suku Sasak yang ada di Lombok. Sanggar peresean Sekar Betaji yang ada di dusun Tragtag ini tetap aktif dalam setiap acara yang ada di desa maupun hingga menghadiri undangan-undangan dari berbagai Instansi untuk menampilkan peresean.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati