MENYAMBUT MAULID! KEPALA DESA BATU KUMBUNG HADIRI PENGAJIAN DI DUSUN TRAGTAG

  • Sep 25, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—dusun Tragtag gelar pengajian untuk menyambut maulid nabi Muhammad SAW yang mengundang tuan guru Abdul Hamid dan turut dihadiri langsung oleh kepala desa Batu Kumbung, H.Wirya Adi. Pada Senin, 25 September 2023.

Pengajian ini dihadiri oleh warga dusun Tragtag dengan antusias. Antusiasme tersebut terlihat dengan banyaknya warga yang berkumpul di masjid Hidayatul Islam. Pengajian ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an kemudian sambutan yang diberikan oleh H.Wirya Adi selaku kepala desa Batu Kumbung. Dalam sambutannya H.Wirya Adi menuturkan ucapan syukur sebesar-besarnya karena dapat menghadiri langsung acara pengajian tersebut. “Dalam kesempatan ini saya juga menghimbau kepada bapak dan ibu yang hadir terkait program terbaru yakni Universal Health Coverage (UHC) yang nantinya akan menggantikan BPJS, atau untuk warga yang belum mempunyai kartu BPJS sudah bisa mengurus program ini ke kantor desa.” Imbuhnya dalam sambutan tersebut.

Setelah sambutan dari kepala desa, acara inti yaitu penyampaian tausiyah dari tuan guru Abdul Hamid dengan tema yang sesuai dengan maulid nabi Muhammad SAW. Tausiyah tersebut juga diselingi dengan lantunan sholawat yang dilantunkan bersama-sama dengan warga atau jamaah yang hadir di masjid. Dalam tausiyahnya tuan guru Abdul Hamid menyampaikan “amalan-amalan lain bahkan sholat bisa saja tidak diterima oleh Allah SWT jika tidak terpenuhinya rukun-rukun amalan terseut, namun amalan yang sudah pasti diterima yaitu sholawat kepada nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu bapak ibu sekalian mari kita perbanyak sholawat kepada nabi sebagai syafaat di hari akhir nanti.” Tuturnya dalam tausiyah tersebut.

Acara pengajian tersebut juga diisi oleh ngurisan atau tradisi potong rambut bagi bayi yang sering diadakan ketika bulan Maulid telah tiba. Bayi atau anak yang akan dipotong rambutnya digendong oleh pihak keluarga laki-laki atau biasanya sang ayah dan dengan diiringi lantunan sholawat. Acara pengajian ini ditutup dengan doa bersama serta pembagian berkat atau nasi hajatan oleh warga.

Lingsar,Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati