OPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK, POSYANDU DI DUSUN BATU KUMBUNG PASTIKAN ASUPAN VITAMIN TERCUKUPI

  • Oct 12, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Kegiatan posyandu di dusun Batu Kumbung desa Batu Kumbung lakukan imunisasi untuk memastikan tercukupinya asupan vitamin sebagai langkah mengoptimalkan tumbuh kembang balita pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Posyandu yang dilakukan di dusun Batu Kumbung ini rutin dilakukan setiap bulan dan menurut data dari kader posyandu terdapat 150 balita yang mengikuti posyandu setiap bulannya. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.30-11.00 WITA yang bertempat di posko posyandu dusun Batu Kumbung. Posyandu ini melibatkan petugas dari PUSKESMAS kecamatan Lingsar dan kader-kader posyandu yang aktif di dusun. Kegiatan ini dimulai dari proses pendaftaran, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan hingga penyuntikan vitamin A.

Tidak seperti posyandu di tahun sebelumnya dan menurut penuturan salah satu kader posyandu,pada tahun ini tidak adanya makanan pendamping tambahan bagi balita namun untuk balita dan anak-anak yang terindikasi stunting mendapatkan program khusus dari kantor desa yakni program makanan Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman (B2SA). Tidak hanya imunisasi saja namun adanya pemberian obat cacing bagi anak-anak dan balita untuk upaya pencegahan cacingan. Subsidi obat cacing biasanya diberikan setiap 6 bulan sekali dan biasanya diberikan pada bulan Juli namun pada tahun ini adanya keterlambatan sehingga diberikan pada bulan Agustus.

Posyandu ini melibatkan 2 dusun yakni dusun Batu Kumbung dan Batu Kumbung Daye yang merupakan pemekaran dari dusun Batu Kumbung. Warga dusun Batu Kumbung Daye diarahkan untuk mengikuti posyandu yang ada di dusun Batu Kumbung dikarenakan belum rampungnya balai dusun yang merupakan tempat kegiatan posyandu akan dilakukan. Posyandu ini tidak hanya memprioritaskan anak-anak dan balita, namun juga melibatkan ibu hamil dalam upaya pemenuhan serta tercukupinya nutrisi  ibu dan anak yang ada dalam kandungan.

Batu Kumbung, Lingsar /FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati