PERENCANAAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMBUATAN SPPT DAN PENGURUSAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DESA BATU KUMBUNG

  • Sep 18, 2023
  • admin desa batu kumbung

PERENCANAAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMBUATAN SPPT DAN PENGURUSAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DESA BATU KUMBUNG

Batu Kumbung—kegiatan koordinasi mengenai perencanaan pemutakhiran data pembuatan Surat Pembuatan Pajak Terhutang (SPPT) dan pengurusan pajak bumi dan bangungan yang melibatkan langsung pihak dari kantor pajak serta kepala desaBatu Kumbung, kepala dusun dan petugas pemungutan pajak (mekel pekaseh) yang bertempat di Bale Mediasi kantor desa Batu Kumbung pada Senin, 18 September 2023 pada pukul 09.00 WITA-selesai.

Kegiatan ini merupakan koordinasi sekaligus perencanaan pemutakhiran data pembuatan Surat Pembuatan Pajak Terhutang (SPPT) yang akan diadakan pada 2024. Pihak kantor pajak, bapak Budianto menjelaskan dan mengevaluasi setiap pencapaian dusun. Setiap dusun diharapkan dapat memenuhi target dengan capaian SPPT paling tidak sebanyak 90%. Dengan adanya kebijakan baru yang dijelaskan oleh pihak kantor pajak, hal ini menjadi kabar baik sekaligus terdapat adanya kendala yakni dari peralihan sistem lama ke sistem yang baru.

“Untuk desa Batu Kumbung diberikan kuota sebanyak 500 (Wajib Pajak) WP karena sudah termasuk dalam desa yang aktif berkegiatan secara nasional. Dan yang menjadi sasaran utama yaitu tanah kavlingan yang belum memiliki SPPT. Kendala lain yang dihadapi yaitu pihak notaris juga sering melangkahi desa dalam pengurusan data SPPT. Lalu untuk proses pemutakhiran data cukup dengan KTP pemilik tanah kavlingan, sehingga membantu proses pemutakhiran data.” Ungkap bapak Budianto selaku pihak kantor pajak.

H.Wirya Adi selaku kepala desa juga menghimbau dan mengevaluasi setiap kepala dusun yang hadir serta memberikan kesempatan untuk menyampaikan kendala yang dialami dalam proses pendataan data untuk pemutakhiran data pembuatan SPPT. Pihak kantor pajak berharap desa Batu Kumbung dapat memenuhi target yang telah berikan karena desa Batu Kumbung merupakan salah satu desa di kecamatan Lingsar yang cukup dibanggakan karena aktif berkegiatan secara nasional.

Lingsar, Batu Kumbung /FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati