RAGAM JAJANAN BASAH DUSUN ORONG DALEM, SALAH SATU UMKM UNGGULAN DI DESA BATU KUMBUNG

  • Oct 02, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung— Jajanan basah merupakan olahan unggulan yang menjadi mata pencaharian warga di dusun Orong Dalem khususnya ibu-ibu dengan jangkauan pemasaran hingga ke toko-toko kue ternama di kota Mataram.

Produksi jajanan basah ini selain di produksi di dusun orong dalem, dusun Karang Mas dan Repoq Kenawe juga menggeluti usaha jajanan basah ini. Dengan bermodalkan alat masak, tepung, gula, kelapa dan lain sebagainya ibu-ibu penggiat UMKM jajanan basah di dusun Orong Dalem dapat memproduksi aneka jajanan basah seperti kelepon, abok, serabi dan bermacam-macam jajanan basah lainnya.Produksi jajanan basah ini dilakukan sejak malam hari mulai dari persiapan bahan hingga pengolahan kemudian pagi harinya akan di pasarkan ke pasar tradisional dan ke toko-toko kue di Mataram yang sudah memesan sebelumnya. Di dusun Orong Dalem 50% ibu-ibu menggeluti produksi jajanan basah tersebut karena terbilang cukup menjanjikan.

Dengan pemasaran yang terbilang bagus, jajanan basah dapat menghidupi sekian banyak keluarga di dusun Orong Dalem. “Alhamdulillah dari hasil jualan jajanan basah ini bisa menghidupi keluarga dan biaya sekolah untuk anak-anak”. Tutur salah Nur Umisah, seorang ibu-ibu penggiat olahan jajanan basah tersebut. Meskipun zaman sudah berkembang pesat, termasuk dengan hadirnya produk-produk jajanan modern yang berasal dari luar daerah bahkan luar negeri, jajanan basah tetap masih di minati oleh masyarakat lokal. Hal ini dibuktikan oleh masih tingginya permintaan pasar terhadap jajanan basah yang seringkali dijadikan makanan penutup saat acara-acara formal maupun informal.

Cita rasanya yang lembut, legit dan manis menjadi khas dari jajanan basah itu sendiri. Karena bertekstur basah, jajanan basah tentu tidak dapat bertahan lama oleh sebab itu sebaiknya lebih cepat di konsumsi lebih baik karena jajanan basah dikhawatirkan akan basi jika disimpan lebih dari dua hari. Namun jajanan basah ini tentu lebih sehat dan aman karena di olah dengan bahan alami dan tanpa pengawet.

Batu Kumbung,Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati