SEMARAK MAULID! DUSUN BATU KUMBUNG DAYE GELAR KARNAVAL DAN TAMPILKAN BERBAGAI KESENIAN

  • Sep 27, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—karnaval dalam rangka memperingati maulid nabi Muhammad SAW, dusun Batu Kumbung Daye desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar menggelar karnaval dengan berbagai tampilan kesenian yang meraih antusias warga pada Selasa, 27 September 2023 dimulai pada pukul 16.00-17.50 WITA.

Peserta karnaval ini adalah warga dusun Batu Kumbung Daye yang dimulai dari  dari anak-anak, remaja hingga dewasa dan diikuti secara antusias. Peserta karnaval berangkat dari balai dusun Batu Kumbung Daye  dan finish di tugu kecamatan Lingsar. Karnaval ini juga menampilkan berbagai  kesenian  seperti musik gamelan, rudat  dan budaya sasak lainnya seperti peresean yang menarik perhatian warga untuk menonton.

Acara ini dapat berjalan dengan tertib karena diatur dan dipandu langsung oleh Babinsa Batu Kumbung dan kepala dusun Batu Kumbung Daye.  Kepala dusun Batu Kumbung Daye menuturkan acara maulid rutin dilaksanakan setiap tahun namun karnaval ini berlangsung setiap 2 tahun sekali. Hal unik dari karnaval ini yaitu pesertanya yang menggunakan berbagai kostum seperti anak-anak dan remaja yang memakai daster layaknya ibu-ibu, memakai pakaian ala timur tengah dengan membawa alat-alat atau pernak pernik lainnya yang beragam. Peresean pun turut diperagakan langsung saat karnaval bersama dengan anak-anak dan remaja.

Kegiatan karnaval ini tidak hanya sekedar menyemarakkan maulid namun menjadi momentum penanaman dan pengenalan nilai-nilai religius mengenai bulan Maulid itu sendiri terutama bagi anak-anak yang mengikuti dan menonton karnaval tersebut.

Batu Kumbung,Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati