SIAP JALANKAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE! KEPALA DESA BATU KUMBUNG SOSIALISASIKAN CARA DAFTAR UHC PADA MASYARAKAT DUSUN TRAGTAG

  • Sep 25, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Kepala desa Batu Kumbung H.Wirya Adi dalam pengajian menyambut maulid Nabi Muhammad SAW di dusun Tragtag sampaikan cara-cara mendaftar program Universal Health Care (UHC) kepada warga yang hadir  pada Senin, 25 September 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh warga dusun Tragtag, Kepala dusun Tragtag, Kepala BPD, tuan guru Abdul Hamid dan tamu undangan lainnya. H.Wirya Adi selaku kepala desa Batu Kumbung tidak hanya memberikan sambutan yang berkenaan dengan Maulid Nabi, namun juga sekaligus memanfaatkan momen berkumpulnya warga untuk mensosialisasikan program pemerintah yakni Universal Health Coverage(UHC). Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Dalam sambutannya H. Wirya Adi menjelaskan cara atau persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada program tersebut. “Bapak ibu hanya perlu membawa KTP dan KK ke kantor desa, namun sekarang juga pelayanan jadi lebih gampang karena semuanya serba online.” Jelasnya pada sambutan tersebut. Kepala desa Batu Kumbung juga menjelaskan tidak ada perbedaan yang signifikan antara UHC dengan BPJS kesehatan.

Program ini berjalan mulai tanggal 1 oktober, oleh karena itu kepala desa menghimbau masyarakat untuk segera mengurus persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan. PEMDES sendiri telah berkontribusi sebanyak 68 juta dalam setahun sehingga warga diharapkan untuk menyambut baik program tersebut. Adapun pertanyaan yang bermunculan yakni terkait dengan BPJS kesehatan yang sudah berjalan. “Warga yang berstatus BPJS mandiri tetap akan berjalan. Program ini bertujuan mendongkrak warga yang belum memiliki BPJS.” Imbuhnya pada sambutan tersebut.

Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati