SOSIALISASI GEMPUR ROKOK ILEGAL BEACUKAI DAN DISKOMINFOTIK LOBAR GELAR PESTA RAKYAT DI KECAMATAN LINGSAR

  • Sep 18, 2023
  • admin desa batu kumbung

Lingsar—Pesta rakyat sekaligus sosialisasi gempur rokok ilegal yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Lombok Barat bersama kantor Beacukai beserta camat Lingsar yang berlangsung di parkiran Masjid Kuno desa Karang Bayan pada Sabtu malam, 16 September 2023 pukul 19.30 WITA-selesai.

Diskominfotik Lombok Barat bersama Beacukai melakukan sosialisasi gempur rokok ilegal yang melibatkan lapisan masyarakat dengan menggelar pesta rakyat yang menjadi daya tarik bagi masyarakat yakni sosialisasi yang dibalut dengan pertunjukan apik seperti pertunjukan seni gamelan sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk menghadiri acara tersebut. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menjauhi dan tidak membeli rokok-rokok ilegal yang masih banyak beredar di pasaran. Acara ini turut dihadiri oleh asisten 2 Sekretariat Daerah (SETDA) Lombok Barat yakni Rusditah, S.Sos  yang turut menjadi narasumber pada acara tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut  menjelaskan Cukai tembakau ini merupakan pendapatan sah negara yang dimana hasilnya itu dapat membantu masyarakat dari bidang sosial dan kesehatan. Pihak Beacukai juga menjelaskan kriteria rokok ilegal seperti harganya yang murah dan tidak ada pita cukai pada kemasan. Dengan tingginya peminat rokok ilegal di pasaran hal tersebut berdampak pada pendapatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Masyarakat masih banyak mengkonsumsi rokok ilegal dikarenakan faktor harganya yang murah dibandingkan rokok yang sudah melalui proses pembayaran cukai.

Melalui sosialisasi ini pihak Beacukai, Diskominfotik serta SETDA asisten 2 berharap masyarakat lebih bijak ketika membeli rokok dan menjauhi konsumsi rokok ilegal.

Lingsar,Batu Kumbung/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari,Nila Cahyati