STAF DESA BATU KUMBUNG HADIRI SOSIALISASI KEAMANAN PANGAN DARI DINAS KESEHATAN LOMBOK BARAT

  • Oct 16, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Staf desa Batu Kumbung ikut serta dalam sosialisasi keamanan pangan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Lombok Barat pada Rabu, 11 Oktober 2023 pukul 08.00-12.00 WITA.

Sosialisasi ini bertempat di Lesehan Ujung Landasan Gerung yang dihadiri oleh perwakilan desa yakni Penimbung, Cendi Manik, perwakilan siswa, guru dan beberapa perwakilan staf desa Batu Kumbung hadir menyimak langsung pemaparan materi yang disampaikan langsung oleh kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat yakni, Arief Suryawirawan dengan materi penyalahgunaan bahan kimia berbahaya pada pangan. Adapun sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait bahayanya penggunaan bahan kimia  pada pangan yaitu seperti formalin dan boraks yang masih marak digunakan dalam pengolahan berbagai jenis makanan.

Dinas kesehatan memaparkan penyalahgunan formalin pada makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti mi basah, tahu ikan asin, ikan segar dan daging ayam. Adapun ciri-ciri makanan yang mengandung formalin diantaranya ; bertahan lebih dari satu hari pada suhu ruangan, tidak dihinggapi lalat dan mengandung bau khas formalin. Tidak hanya formalin, namun boraks juga masih marak digunakan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari salah satunya bakso dan mi basah. Makanan yang mengandung boraks dapat dikenali dari teksturnya yang sangat kenyal, tidak lengket dan juga tidak mudah putus.

Dinas kesehatan memberikan tips 5 kunci keamanan pangan seperti ; selalu menjaga kebersihan, memisahkan makanan yang matang dengan yang mentah, memasak bahan makanan dengan benar, menjaga suhu makanan dengan benar serta menggunakan air dan bahan baku yang aman. Tips tersebut perlu dilakukan agar terhindar dari bahaya konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan seperti menyebabkan iritasi saluran pernapasan, merusak fungsi organ dalam, kegagalan sistem sirkulasi akut bahkan sampai menyebabkan kematian jika terus dikonsumsi dalam jangka panjang.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati