TINGKATKAN INFRASTRUKTUR, PEMERINTAH DESA LAKUKAN PEMBANGUNAN MAKSIMAL DI WILAYAH DESA BATU KUMBUNG MELALUI APBDES

  • Oct 09, 2023
  • admin desa batu kumbung

Batu Kumbung—Aktivitas pembangunan di wilayah desa Batu Kumbung terus dilakukan oleh pemerintah desa untuk memaksimalkan infrastruktur dan fasilitas umum demi kenyamanan dan kesejahteraan warga desa melalui Anggaran Pembelanjaan Dana Desa (APBDes).

Pembangunan ini dilakukan di beberapa dusun di wilayah desa Batu Kumbung diantaranya, dusun Batu Kumbung Daye, Karang Mas dan dusun Tragtag. Pengoptimalan pembangunan ini berupa rabat jalan dan pembangunan balai dusun yang dimulai sejak Agustus hingga November 2023. Pembangunan ini merupakan realisasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) yang dimakasukkan di APBDES.

Aktivitas rabat jalan dan penalutan jalan sudah berlangsung di dusun Karang Mas dan dusun Tragtag. Pembangunan ini melibatkan secara langsung masyarakat setempat dalam proses perabatan dan penalutan jalan tersebut. Kegiatan rabat jalan di dusun Karang Mas dengan panjang 150 x 2,5 Meter yang bersumber dari Dana Desa (DD) sejumlah 20 Juta Rupiah. Jalan tersebut merupakan akses warga dusun menuju pemakaman atau kuburan. Sementara itu penalutan jalan yang ada di dusun Tragtag dengan panjang 100 Meter dan anggarannya sejumlah 16 Juta Rupiah yang dimana jalan tersebut merupakan akses menuju masjid dusun Tragtag.

Pembangunan lainnya yaitu di dusun Batu Kumbung Daye yakni pembangunan Balai Dusun dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 5 meter yang dianggarkan dari dana desa sebanyak 50 Juta Rupiah. Balai dusun ini nantinya akan difungsikan untuk pertemuan atau kegiatan warga di dusun Batu Kumbung Daye.

Semua pembangunan ini merupakan bentuk pemaksimalan pembangunan di wilayah desa Batu Kumbung demi terciptanya kemajuan infrastruktur desa yang berkualitas dari segi sarana dan prasarana untuk kenyamanan aktivitas yang ada di dusun.

Batu Kumbung, Lingsar/FDIK/UINMATARAM/Sri Nuria Anggun Sari, Nila Cahyati